Kebutuhan Bayi


Bagaiamana cara yang tepat memanjakan si kecil? Simak cara berikut ini:

1. Menggendong.

Banyak manfaat yang didapat bayi bila Anda sering menggendongnya, antara lain bisa membuatnya merasa nyaman, aman, terlindungi dan disayangi. Selain itu, kegiatan selama menggendong si bayi, seperti berkomunikasi, bermain, dan lain sebagainya bisa menstimulasi berbagai aspek kecerdasannya.

2. Memeluk.

Saat Anda memeluk si bayi, ia akan merasa aman, nyaman, dan terlindungi. Ia akan merasa senang dan menikmati setiap dipeluk oleh ibunya. Untuk itu, pelukan pun menjadi kebutuhan bayi sehingga saat kebutuhan itu datang bayi akan mengeluarkan tanda berupa tangisan atau rengekan. Ada ahli yang mengatakan bahwa pelukan dapat menurunkaan perasaan cemas, takut, kesepian, dan emosi negatif lainnya serta berpengaruh terhadap kecerdasan anak.

3. Tidur bersama.

Saat si bayi berusia 6 bulan, Anda disarankan untuk tidur bersamanya. Tujuannya adalah agar bisa menyukseskan pemberian ASI eksklusif sekaligus menjalin kedekatan antara ibu dan bayi. Selain itu, ada penelitian yang mengatakan bahwa tidur bersama si bayi dalam satu ranjang bisa membangun ikatan emosi lebih kuat atara orangtua dan bayi.

4. Menjalin komunikasi.

Saat menggendong bayi, ada baiknya untuk melakukan komunikasi juga kepadanya. Misalnya, mengatakan apa saja yang sedang Anda lakukan, ada benda apa disekelilingnya, dan lain sebagainya. Mengajak bayi berbicara bisa membantu menstimulasi kecerdasan bayi dalam berbahasa. Untuk itu, Anda juga harus menggunakan kata-kata yang lembut dan positif saat mengajaknya berkomunikasi.

5. Memberikan nutrisi yang tepat.

Nutrisi berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi. Memberikan nutrisi yang tepat bukan hanya membuat bayi jadi terlihat sehat dan kuat, tetapi juga bisa membuatnya cerdas. Untuk itu, Anda harus memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi si bayi.

6. Respon tangisan dengan tepat.

Merespon kebutuhan bayi sama saja Anda memenuhi kebutuhannya. Agar respon yang diberikan tepat, Anda harus mengenali terus kebutuhannya dan terus berinteraksi padanya. Bersikap tenang saat ia menangis merupakan salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya merasa nyaman.

7. Stimulasi tepat.

Stimulasi merupakan upaya untuk mendorong atau memaksimalkan tumbuh kembang anak. Stimulasi sebaiknya diberikan sejak dini, bahkan sejak anak dalam kandungan kemudian dilanjutkan setelah ia lahir. Anda bisa menstimulasinya dengan berbagai jenis mainan. Lakukan komunikasi dan kontak mata saat menstimulasi bayi. Tujuannya agar Anda bisa lebih dekat sekaligus megetahui responnya.

8. Memberikan fasilitas terbaik.

Fasilitas yang diberikan seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan atau tahapan perkembangan si bayi. Fasilitas untuk bayi tersebut, seperti kebutuhan sandang, pangan, dan papan. Anda harus memenuhi kebutuhannya tersebut sesuai dengan perkembangannya agar membuat si bayi merasa nyaman.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s