Ibu Vegetarian


Berikut asupan yang dapat dikonsumsi ibu hamil vegetarian agar tetap sehat dan tak menghambat pertumbuhan janin:

1. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau sangat penting bagi kesehatan ibu hamil vegetarian, terutama sayur bayam. Sayur bayam sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

2. Kacang-kacangan

Ibu hamil harus selalu menjaga asupan makanan terutama dari kacang-kacangan. Kacang-kacangan sangat kaya akan kalsium, yang biasanya didapat dari produk olahan susu. Dianjurkan untuk mengonsumsi satu cangkir kacang-kacangan per hari selama ibu dalam periode hamil.

3. Almond

Kacang almond kaya akan kandungan vitamin A. Selain itu, kacang almond juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang janin, sebab asupan ini kaya juga akan kalsium.

4. Brokoli

Asupan lain yang sangat baik untuk ibu hamil adalah brokoli. Brokoli mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi ibu hamil dan aman dikonsumsi.

5. Tahu

Tahu kaya akan kalsium sehingga sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan janin agar petumbuhan dan perkembangan tulangnya terjamin.

6. Biji bunga matahari
Konsumsi sekitar segenggam biji bunga matahari yang kaya akan kalsium dan zat besi akan membantu memenuhi kebutuhan energi selama ibu dalam masa hamil.

7. Buah-buahan kering

Sumber zat besi lain yang baik bagi ibu hamil adalah buah-buahan kering. Para ahli menganjurkan ibu hamil yang vegetarian untuk mengonsumsi buah-buahan kering untuk memenuhi kebutuhan janin akan zat besi untuk pertumbuhan dan perkembangan otaknya.

8. Jeruk

Ibu hamil tentu memerlukan asupan buah-buahan segar, salah satu buah yang baik untuk ibu hamil adalah jeruk dan lemon. Pilihlan buah yang manis, tidak terlalu asam, dan masih segar agar kandungan gizinya tetap terjaga.

9. Kentang

Untuk asupan kalori dan karbohidrat, kentang merupakan pilihan yang baik bagi ibu hamil. Namun penting untuk selalu membatasi jumlahnya agar tak berlebihan. Konsumsi porsi kecil kentang sekali dalam dua hari agar ibu hamil tetap sehat.

10. Oatmeal

Untuk menjaga fungsi sistem pencernaan, diperlukan asupan yang lembut dan mudah dicerna, salah satunya adalah oatmeal. Konsumsi semangkuk oatmeal sebagai camilan atau menu sarapan setiap harinya. Oatmeal yang kaya akan serat sangat baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s