Sumber Omega 3


15 sumber makanan yang mengandung omega 3, seperti dikutip dari laman Healthmeup berikut :

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Setiap porsi buah ini mengandung sekitar 250 mg kolesterol baik. Termasuk asam lemak omega 3, 6 dan 9. Jadi jangan takut dengan lemak yang terkandung dalam buah alpukat.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung kolesterol baik dalam jumlah besar. Namun, minyak zaitun yang belum diproses adalah yang terbaik untuk kandungan asam lemak Omega-3. Selain itu, buah zaitun sendiri adalah sumber vitamin E yang baik.

3. Ikan Tuna

Ikan tuna memang saat ini diperbincangkan akibat munculnya merkuri di dalamnya. Namun, jika kita dapat memilih yang masih segar dan tidak mengonsumsi secara berlebihan, ada sekira 1.100 miligram asam lemak omega-3 yang dapat diserap tubuh Anda.

4. Biji rami

Biji rami adalah makanan pertama yang kaya akan asam lemak omega-3. Khasiatnya adalah untuk melawan kolesterol dan penyakit jantung.

Untuk menjaga nutrisi omega-3 dalam biji rami, simpan makanan tersebut dalam wadah kedap udara. Setidaknya Anda harus makan dua sendok makan biji rami untuk memenuhi kebutuhan omega-3 setiap hari.

5. Biji chia

Selain biji rami, chia juga merupakan keluarga biji-bijian berikutnya yang mengandung asam lemak omega-3. Biji chia bisa dikunyah sebagai makanan ringan atau menaburkannya pada salad.

Biji chia bagus untuk pencernaan, sebab di dalamnya kaya akan serat yang membantu pergerakan makanan dalam proses pencernaan. Nilai plus lain dari biji chia adalah kemampuannya dalam memberikan daya tahan bagi tubuh.

6. Ikan Salmon

Ikan yang satu ini sudah sering disebut sebagai salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Utamakan menikmati salmon liar, karena kandungan nutrisinya jauh lebih banyak daripada yang biasa.?

Ikan lain seperti sarden, udang, kepiting, dan tiram juga memiliki kandungan asam lemak omega-3. Termasuk salmon, semuanya adalah sumber protein, vitamin, dan mineral yang baik. Makan salmon setidaknya dua sampai tiga kali seminggu.

7. Minyak ikan cod

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan kalau asam lemak omega-3 juga banyak ditemukan pada minyak ikan. Bentuknya tersedia dalam tablet suplemen maupun sirop.

Satu pil minyak ikan dalam sehari cukup memenuhi kebutuhan omega-3 bagi Anda. Untuk menjaga nutrisinya, pastikan Anda menyimpan suplemen minyak ikan dalam wadah tertutup yang kedap udara.

8. Kacang kenari

Kacang kenari adalah camilan lezat sekaligus bergizi. Bukan cuma itu, kenari adalah sumber asam lemak omega-3, serat, protein, dan zat besi. Nutrisi tersebut mendukung kesehatan jantung karena kadar kolesterolnya yang rendah.

Selain dijadikan camilan, nikmati kacang kenari yang ditaburkan ke yogurt untuk digunakan sebagai makanan penutup yang lezat dan penuh gizi.

9. Kedelai

Tidak suka kacang kenari? Coba beralih ke kacang kedelai. Keluarga kacang yang satu ini bisa ditemukan dalam bentuk susu maupun produk lain. Rasanya nikmat dan kaya akan asam lemak omega-3.

Kedelai juga penuh akan nutrisi seperti serat, zat besi, protein, kalsium, vitamin K, dan folat. Nikmati susu kedelai terutama jika Anda memiliki alergi tertentu terhadap susu sapi.

10. Telur

Penuh protein dan asam lemak omega-3, itulah telur. Anda sebaiknya tidak malas mengonsumsi yang satu ini demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Namun ingat, bagi Anda yang punya masalah dengan kolesterol, batasi konsumsi telur atau hindari makan kuning telur. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan saja dengan dokter terkait masalah kolesterol tersebut.

11. Kembang kol

Sayuran yang kaya akan asam lemak omega-3 adalah kembang kol. Nutrisi penting dalam kembang kol di antaranya adalah kalium, magnesium, dan niasin yang mendukung kesehatan jantung.

Kembang kol biasanya dimasak dengan cara ditumis atau diolah menjadi sup. Temukan resep masakan yang lezat untuk menikmati kembang kol dan mendapatkan nutrisi sehat di dalamnya.

12. Minyak canola

Minyak canola mampu menjaga kesehatan jantung karena ada asam lemak omega-3 di dalamnya. Mengganti minyak goreng biasa dengan minyak canola adalah salah satu cara mendapatkan nutrisi di dalamnya.

Selain itu, minyak canola juga bisa diteteskan ke atas salad sayur sebagai pengganti mayonnaise yang biasanya justru sangat berlemak.

13. Bayam

Sumber makanan kaya akan asam lemak omega-3 adalah bayam. Sayuran berdaun hijau gelap ini bisa dinikmati setiap hari untuk mendapatkan asupan omega-3 bagi tubuh.

Bayam juga rendah kalori dan tinggi zat besi. Jadi jangan ragu mengolah bayam menjadi makanan lezat dan mendapatkan nutrisi maksimal di dalamnya.

14. Belut

Belut atau unagi seperti kebanyakan ikan berlemak lainnya mengandung lemak esensial omega 3 yang memiliki peran penting untuk perkembangan fungsi syaraf yang erat kaitannya dengan kecerdasan pada anak di masa pertumbuhannya.

15. Ikan Lele

Sama halnya dengan omega 3 yang terdapat pada ikan lain seperti tuna, salmon, atau sarden. Selain omega 3, ikan lele adalah sumber protein tinggi yang sangat penting juga untuk pertumbuhan fisik anak.

Konsumsi omega 3 secara tepat dan proporsional dapat meningkatkan kesehatan kita. Namun ingat, jika dikonsumsi secara berlebihan asam lemak omega 3 bisa menyebabkan masalah bagi kesehatan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s