Mengasuh Anak


TIPS MENGASUH ANAK BAGI IBU YANG BEKERJA

Bagi sebagian orang tua seringkali merasa takut tumbuh kembang anak akan terganggu apabila seorang ibu bekerja di luar rumah, hal ini wajar karena waktu yang terbagi membuat si anak menjadi kurang perhatian dan dapat menjadikan kedekatan emosional antara Ibu dan anak tersebut menjadi berkurang.

Ada beberapa tips untuk dapat mengurangi hal tersebut, diantaranya dengan strategi dan pola asuh yang tepat.

Seorang Ibu rumah tangga dan ibu yang bekerja pola asuhnya tergantung dengan panggilan mereka sebagai seorang ibu dengan menanamkan dan terus menjalin dengan rasa hormat dan sayang saat memanggil dalam perjumpaan dengan si anak (saat ingin berangkat bekerja ataupun pulang dari bekerja).

Lalu bagaimana ibu bisa bersungguh-sungguh dalam menyiasati dan memantau perkembangan anak?
itupun tergantung pada kualitas waktu yang dimilikinya bersama keluarga, saat jauh dari anak ataupun saat waktu luang bersama keluarga, karena Kuantitas waktu mungkin tidak banyak, namun bagaimanapun waktu yang sedikit itu berarti dan berkualitas, justru akan membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih baik dan bermakna.

Hal-hal seperti membiasakan saling memberi salam saat berjumpa, menyiapkan sarapan pagi untuk anak, mengantar anak sekolah, mengantar anak tidur, atau pun hanya mengobrol santai dan bermain bersama anak di waktu sengggang dapat menjadi waktu sangat berkualitas bagi mereka meskipun kuantitas waktu sangatlah sedikit.

Namun ada beberapa syarat utama untuk memiliki kualitas waktu yang baik bagi orang tua yang bekerja seperti, mengurangi dan menjauhkan diri anda dari kesibukan peralatan elektronik seperti telepon genggam, laptop, tablet, televisi, dan lainnya yang dirasakan tidak terlalu perlu, dan fokuslah pada keluarga di waktu senggang tersebut.

Dalam hal pendidikan luar, kita juga dapat memasukkan anak ke pendidikan usia dini (PAUD), namun disini juga memerlukan kedekatan kita dan komunikasi yang baik dengan para pengajar dimana anak kita bersekolah disana, karena dari situ secara tidak langsung kita dapat memantau perkembangan anak dengan baik dalam hal belajar mereka, bermain, tingkah laku positif dan negatifnya, dan lain sebagainya.

Terakhir jangan lupa, pengasuh atau pembantu di rumah yang merupakan perpanjangan tangan kita juga harus bisa diandalkan dan dipercaya, mulai dari perawatan anak hingga menu yang harus diberikan.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s