Tipe Kepribadian


Kata-kata kholeris, sanguin, phlegmatis, atau melankolis, tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tapi terkadang, kita kurang memahami apa arti dan ciri dari keempat kepribadian itu.

1. Kholeris

Dari namanya aja kita sudah bisa nebak kali ya.. orang kholeris punya sifat dasar keras, tegas, sangat menuntut. ia juga punya energi besar untuk melakukan hal-hal sulit, punya keyakinan dan dorongan yang kuat atas kemampuan diri. ia juga percaya bahwa ia dilahirkan sebagai pemimpin, selalu tampil di depan dan sangat tertantang melakukan tugas besar, serta suka memegang wewenang.

Ia suka berpikir cepat, cepat mengambil keputusan dan tidak bisa diam. selalu mencari pekerjaan, kegiatan, atau proyek untuk dikerjakan. berdiam diri baginya adalah tindakan yang menyia-nyiakan waktu dan bodoh. Kekuatan ini membuat kholeris mampu mengerjakan beberapa tugas sekaligus dengan hasil yang sama baiknya. Karena menyukai tanggung jawab orang kholeris suka memperbaiki hal-hal yang sebenarnya bukan sepenuhnya sebagai tanggung jawabnya.

Kekuatan pribadi orang kholeris adalah keinginannya yang sangat kuat dan kecenderungannya yang yakin pada diri sendiri, tidak diperintah orang lain tapi suka memberi perintah, jika menjadi pemimpin ia paling tidak suka dengan orang yang plin-plan banyak bicara tapi tidak produktif.

Kelemahannya, bila kekuatan-kekuatannya digunakan secara berlebihan. Sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaan atau superioritasnya. Terkadang kholeris juga kurang bijaksana, mudah marah terhadap hal-hal kecil atau tindakan yang dianggapnya bodoh, kalau sudah marah, ia bisa sangat kasar dalam berbicara. Ia bisa menghancurkan orang lain hanya dengan kata-katanya. Tetapi, walaupun temperamental, mudah marah, ia juga mudah memaafkan orang lain. Bisa dengan mudah melupakan kemarahannya

2. Sanguin

Ramah dan suka berbicara menjadi cirri dari sanguin. Berbicara dengan topic apa saja dan dengan siapa saja. Penuh inspirasi dan sangat aktif, dengan kelihaiannya dalam berbicara, ia sangat mudah mempengaruhi orang lain untuk percaya pada yang mereka katakan. Ia juga cenderung optimis. Anehnya, ia juga ternyata mudah dipengaruhi. Sanguine tidak suka memegang kendali, tetapi cenderung mengikuti dan suka dikendalikan. Kecenderungannya suka jika semua orang suka sehingga ia akan melakukan apa saja untuk menyenangkan orang lain.

Sanguine juga memiliki rasa humor yang tinggi. Ekspresif dan bintang pergaulan. Ia punya mimpi-mimpi besar dan sangat kreatif dalam merencanakan sesuatu. Kadang ia hanya pandai merencanakan dan pandai bermimpi tapi kurang terdorong untuk mewujudkan impiannya. Kebutuhan besarnya adalah pengakuan dan penghargaan. Sangat takut kehilangan popularitas dan kawan. Sanguin sangat kreatif dan inovatif, menyukai kegiatan spontan, serta pintar memotivasi orang lain. Kekuatan sanguine adalah bisa bersahabat dengan siapa saja, sangat peduli dengan orang lain. Sering terlihat gembira dan bahagia.

Kelemahannya, ia tidak disiplin dan sering tidak tepat janji, sulit bertahan dalam satu proyek yang rumit dan memakan waktu lama. Rentang fokusnya pendek, apapun jalur karir yang dipilihnya hampir selalu tidak puas. Sulit mendengarkan orang lain sehingga lupa memberikan kesempatan pada orang lain untuk berbicara. Ia bombastis dan cenderung membesar-besarkan sesuatu untuk mendapatkan popularitas dan perhatian. Sulit menyimpan rahasia orang lain, karena pasti langsung menjadi perhatian umum. Cenderung bertindak sebelum berpikir, kadang kurang tegas sehingga sering diperalat orang lain.

3. Phlegmatis

Orang yang phlegmatis menyenangkan untuk dijadikan kawan. Bisa dibilang antonimnya kholeris yang keras dan menuntut. ia tidak suka mendesak dan tidak suka memerintah. cenderung pemalu dan tidak suka menonjolkan diri. walaupun suka bersosialisasi tapi ia tidak suka jika pusat perhatian ada padanya. ia juga cederung sopan dan punya aturan baik dalam pergaulan.

phlegmatis tidak suka konflik dan pertentangan. suka memberikan dukungan, melayani, dan setuju dengan pendapat orang lain. seorang penengah yang baik dan tidak mudah tersinggung. beda dengan sanguin yang talk aktive dan banyak omong, ia pendengar yang baik dan punya selera humor yang bagus. phlegmatis walaupun senang bersosialisasi cenderung tertutup, hanya bisa mengerjakan satu hal dalam satu waktu tertentu, tidak bisa mengerjakan banyak hal bersamaan. suka dengan pekerjaan yang monoton dan berulang serta tidak variatif.

Phlegmatis sangat baik dalam menyimpan rahasia, juga sangat baik dalam menerima perintah. satu hal yang sulit adalah berkata “tidak” karena ia punya sifat suka menyenangkan orang lain. sehingga sifat tidak tegasnya itu sering dimanfaatkan dan dimanipulasi orang lain. ia juga sering terbujuk untuk membeli sesuatu yang kurang bermanfaat hanya karena ingin menyenangkan orang lain atau menghindari konflik.

Phlegmatis tidak suka sesuatu yang bersifat berubah, suka dengan hal-hal yang oldis, makan di restoran yang sama, berlibur di tempat yang sama dan bersikap sentimental, suka menyimpan foto dan kenangan lama. Kekuatan phlegmatic adalah mudah bergaul, senang menjalani hidup yang tenang dan dalam kecepatan yang tetap, suka rutinitas, teratur dan efisien. Phlegmatis juga tipe diplomat, ia melihat hal dari berbagai sudut pandang orang lain, sabar, dan humoris. Dengan kesabaran, ketenangan, simpati, dan empatinya ia bisa menjadi pemimpin hebat yang disukai bawahan.

Kelemahan pribadi phlegmatics adalah jika kekuatannya digunakan berlebihan. Orang phlegmatic memilki daerah nyaman (comfort zone) jika ia beraktivitas sebagai individu yang pemalu, lembut, stabil, mantap, manis sentimental, dan penerima. Sehingga kadangkala ia bisa menjadi penakut jika ada situasi yang tidak dikenal, juga bisa menjadi sangat plinplan. Bila diajukan pertanyaan kepadanya, jawabannya bisa dua atau tiga, sebab ia tidak suka membuat kesalahan dan tidak ingin menimbulkan ketidakharmonisan. Ia ingin memberikan jawaban yang ingin didengar oleh si penanya. Phlegmatis juga tipe penonton, kurang aktif dan inisiatif, lebih suka menjadi orang belakang layar. Cenderung mencari selamat takut mendapat malu. Lebih suka diam dan menunggu perintah untuk mengerjakan sesuatu.

4. Melankolis

Melankolis, serius tertutup, tetapi cerdas dan kritis dalam berpikir. Mengerjakan suatu hal lebih tekun dari tipe pribadi yang lain, memahami setahap demi setahap dan menjalani sebagian besar hidupnya dengan berpikir sangat serius. Ia punya kemampuan luar biasa dengan “see behind the scene”, melihat sesuatu dibalik layar dan memahami apa yang sebenarnya sedang terjadi. Ia bisa melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh kebanyakan orang karena tingkat ketelitian dan ketajaman analisisnya. Ia individu yang cakap, melakukan perencanaan dan melakukan rencana itu sesuai motonya ‘plan your work and work your plan’.

Ia sangat hati-hati, teliti, dan suka curiga. Ia tidak suka membuat kesalahan, cenderung perfeksionis. Ia senang denga hal-hal detil, data, fakta, angka, dan grafik. Semakin detil dan lengkap informasinya, ia semakin suka. Ia suka sangat banyak bertanya. Melankolis itu, menuntut untuk ikut aturan, taat instruksi. Dalam hal otoritas sama seperti phlegmatic tidak suka mendesak dan tidak perlu menjadi pemimpin suatu kelompok.

Melankolis senang berada dalam lingkungan yang ramah dan terbuka, tidak keberatan jika tidak mendapat pujian atas apa yang mereka kerjakan. Ia senang menjadi benar bukan karena merasa lebih baik dari orang lain, tetapi hanya ingin menjadi benar dalam masalah pekerjaan. Setiap pekerjaan yang layak dilakukan , layak untuk dikerjakan dengan sebaik-baiknya. Melankolis juga sangat konsisten, hampir tidak pernah salah dalam menyampaikan detil cerita. Punya perasaan halus, tidak mau menyinggung perasaan orang lain tetapi juga tidak suka disinggung perasaannya. Bila seseorang membuatnya marah dan tidak meminta maaf maka ia akan sulit untuk memaafkan dalam waktu yang lama.

Kekuatan pribadi melankolis, bakat dan kecerdasan, ketelitian dan ketajaman analisanya, suka melihat hal-hal detil tetapi lemah dalam melihat keseluruhan. Melankolis jarang salah, sebab selalu meneliti ulang, sensitif, dan cenderung tersinggung jika orang langsung menunjukkan kesalahannya. Kuat dalam memegang prinsip dan tekun mengejar cita-cita, lebih mementingkan tugas yang harus dikerjakan daripada diri sendiri.

Kelemahannya, sangat berpusat pada diri sendiri, karena ia hampir selalu merasa benar. Kurang fleksibel dalam membangun hubungan interpersonal, sering murung dan berubah temperamen. Jika menemui tantangan dan hambatan cenderung cepat bereaksi negative. Ia juga cenderung dikontrol oleh sikap kritis dan negative, sering disebut si pencari kesalahan. Cenderung melihat hal-hal yang salah daripada yang benar. Melankolis sering bersikap kaku, suka berteori, cenderung enggan bersosialisasi. Suka melindungi diri sendiri, tidak mau mengambil risiko karena ada kemungkinan gagal. Melankolis juga sangat pendendam, jika ingin membalas perlakuan orang lain, akan sangat sabar menanti saat yang tepat untuk melakukannya.

2 thoughts on “Tipe Kepribadian

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s