Car seat


Salah satu dari pekerjaan penting yang harus anda lakukan sebagai orang tua adalah memastikan anak anda aman saat berkendara. Setiap tahun (data di US) banyak anak kecil yang terluka bahkan meninggal akibat kecelakaan mobil yang sebenarnya bisa dihindari atau diminimalkan efeknya dengan menggunakan carseat (kursi pengaman mobil).

Penggunaan kursi pengaman yang tepat membantu menolong anak tetap aman. Dengan banyaknya tipe kursi pengaman di mobil untuk anak, maka anda pun perlu panduan untuk memilihnya.

Usia Bayi:
Sebaiknya gunakan tipe kursi convertible (bisa disesuaikan) dan khusus untuk bayi, kursi pengaman ini harus bisa disesuaikan untuk menghadap ke belakang (rear-facing) bukan ke depan. Semua bayi dengan usia kurang dari setahun atau mempunyai berat badan kurang dari 9 kg sebaiknya selalu menggunakan kursi yang menghadap ke belakang.

Usia sebelum sekolah (pre-schooler):
Anak berusia setahun atau sedikitnya mempunyai berat badan 9 kg dapat menggunakan kursi yang menghadap ke depan (forward-facing). Tapi jika memungkinkan, selama mungkin menggunakan kursi yang menghadap ke belakang adalah yang terbaik. Karena jika terjadi benturan, maka badan si anak akan terlindungi oleh sandaran kursi pengaman, dan leher anak pun terlindungi dari hentakan hebat.

Usia sekolah:
Gunakanlah kursi booster untuk anak yang sudah melewati ukuran dari standard kursi yang menghadap ke depan (forward-facing). Anak harus tetap menggunakan kursi booster sampai bisa menggunakan sabuk pengaman dewasa dengan benar, umumnya pada saat anak mencapai tinggi 145 cm dan berusia antara 8-12 tahun.

Anak yang lebih tua:
Gunakan sabuk pengaman di paha dan di bahu dan tetap duduk di belakang sampai usia 13 tahun.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s