Hidup Bersih Sehat


Dikutip dari republika online :

Sebagai agama rahmat semua mahluk hidup, Islam mengajarkan kepada umat-Nya untuk selalu menjaga kebersihan tempat-tempat fasilitas umum. Islam menyadarkan kepada umat-Nya bahwa tempat itu kotor dan menjadi sarang penyakit, maka akan sangat mudah menjangkiti banyak orang dalam waktu yang bersamaan.

Menyadari bahaya tersebut Rasulullah dengan tegas melarang kita untuk buang air besar dan kecil di tempat yang dilewati banyak orang, dijadikan tempat berteduh, di bawah pohon yang berbuah, tempat ibadah dan lain-lain.

Rasulullah SAW bersabda: “Dari Abu Hurairah ra. Bahwa Rasulullah SAW bersabda: takutilah menjadi orang yang dilaknat orang lain, sahabat bertanya: siapa orang yang menjadi laknat orang lain?. Rasulullah menjawab: yaitu orang yang buang hajat di tempat yang dilalui orang lain, atau tempat berteduh orang lain.” (HR Muslim).

Islam juga menyadarkan kepada umat-Nya agar tidak meludah di sembarangan tempat. Selain ludah itu sendiri menjijikan, meludah di sembarang tempat menjadi salah satu sarana menularnya beberapa penyakit.

Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda: “Meludah di masjid adalah dosa dan kafarat (taubat) nya adalah dengan menanam ludah itu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Hadis itu mensyaratkan kepada seluruh umat Islam untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat. Dengan pola hidup bersih dan sehat, umat Islam dapat terhindar dari berbagai penyakit, sehingga menjadi umat yang sehat dan kuat serta mampu melahirkan generasi yang sehat dan kuat pula.

#

 

Mari budayakan hidup bersih, yuk kawan. Kita sehat, orang lain disekitar kita pun merasa beruntung. Kehadiran kita, akan selalu dinantikan oleh orang lain.

Jika setiap orang menyadari, kemudian melaksanakan perilaku hidup sehat, niscaya gak ada tuh banjir karena sampah. Siiiipppp. Dimulai dari diri sendiri yach. Action!!!!

One thought on “Hidup Bersih Sehat

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s