stranger dalam ingatan


ia bukan orang yang kukenal. tapi ia mengenalku, mengenal temanku. kalau kuingat lagi, ia pun (seingatku) pernah kulihat, hanya ingat pernah bertemu di suatu waktu di masa lampau. itu pun kalau tidak salah. bukankah semua orang awalnya menjadi stranger satu sama lain. dan jangan coba gali ingatanku mengenai dirinya. rasanya aku tak ingat dengan pasti. bagian memori di otakku yang memunculkan ingatan tersebut tampaknya mengalami bad sector.

kikuk.

ketika mencoba memecah hampa udara dengan perbincangan. tanpa perkenalan, tanpa sapaan. hanya ‘saya’ atau ‘anda’. bicara pun seperlunya saja. huff… udara begitu sesak dalam ruangan aula besar berisi aku dan dia.

aku pun beranjak pergi meninggalkan dia. kuberikan seulas senyum dan sebuah kata, “duluan.”. pertanda aku tak ingin berlama-lama kehabisan oksigen. kalimat tanya berjumlah ratusan mencuat dalam pikiranku. namun, tak mampu aku sampaikan. mungkin nanti. itu pun kalau ketemu lagi.

terkadang manusia menunda apa yang ingin dilakukannya. entah karena pertimbangan, prinsip, ego, atau apalah namanya. penundaan itu hanyalah keterampilan saja. jika aku menunda untuk bertanya, maka keterampilanku dalam menyampaikan apa yang menjadi tanda tanya bagiku masih harus diasah lagi. bukan karena malu atau apa. hanya kurang terampil dalam membawa skill yang sudah dimiliki. malu, males, gak penting, dan sejuta alasan lainnya hanyalah kamuflase untuk membela diri.

dan aku hanya manusia.

aku masih penasaran sampai sekarang. andai pada waktu itu aku berani bertanya dan mengungkapkan keherananku, pastilah kini sudah kutemukan jawabannya. dan saat ini aku berharap masih ada kesempatan untuk bertemu lagi. hanya ada satu pertanyaan yang akan aku ajukan. dan aku yakin, pertanyaan tersebut akan menjadi awal sebuah perbincangan.

itu pun tergantung keterampilanku mengisi perbincangan selanjutnya. hmmm, moody…

Leave a Reply

